Minyak zaitun membantu menurunkan tekanan darah tinggi

Maret 27, 2019
Minyak zaitun adalah salah satu minyak yang sering digunakan oleh Rosululloh untuk mengobati berbagai penyakit. Saat ini banyak masyarakat yang telah mengetahui manfaatnya  dan mulai untuk mengkonsumsinya dan menggunakan untuk berbagai keperluan seperti untuk merawat rambut, kulit, dan lain-lain. Banyak sekali jenis minyak zaitun yang sekarang banyak tersedia di pasaran, yang paling banyak manfaatnya adalah yang jenis ekstra  virgin yaitu minyak zaitun hasil olahan pertama yang belum mendapat campuran ekstrak lainnya. Minyak zaitun mempunyai banyak manfaat sebagaimana yang telah dijelaskan di blog berfaedah.com yang judulnya oh jadi ini manfaat minyak zaitun untuk wajah. Tapi kali ini kita akan membahas tentang manfaat minyak zaitun untuk penderita hipertensi.



Kalau ngomong tekanan darah tinggi, wah, pasti sudah banyak yang tidak asing lagi. Penyakit satu ini sekarang sudah banyak menyerang masyarakat Indonesia. Penyakit tekanan darah tinggi atau istilah kedokterannya hipertensi adalah penyakit degeneratif yang semakin hari semakin banyak penderitanya dan juga semakin banyak menimbulkan penyakit-penyakit lain yang lebih berbahaya. Salah satu penyebabnya adalah kurang patuhnya penderita hipertensi dalam mengkonsumsi obat anti hipertensi dan banyaknya stigma di masyarakat yang mengatakan kalau minum obat dalam jangka panjang akan menimbulkan efek samping yang berbahaya, sehingga banyak penderita hipertensi yang memilih untuk berhenti mengkonsumsi obat. Karena sulitnya masyarakat untuk patuh untuk mengkonsumsi obat dan juga untuk mengurangi ketakutan masyarakat akan efek jangka lama ditambah dengan sulitnya pengobatan hipertensi maka diperlukan bahan-bahan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi salah satu bahan yang dapat digunakan untuk membantu menurunkan tekanan darah adalah minyak zaitun.

Minyak zaitun mempunya kandungan yaitu zat yang bernama polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan. Yang dapat menangkal radikal bebas yang banyak masuk dalam tubuh kita yang nantinya juga dapat menyebabkan meningkatnya tekanan darah dan juga akan melindungi sel-sel dan jaringan tubuh dari radikal bebas. Kandungan polifenol dalam minyak zaitun ini jauh lebih tinggi dibanding teh hijau yang digadang-gadang memiliki kandungan polifenol yang tinggi. Selain itu minyak zaitun juga dapat berfungsi untuk sebagai vasodilator dalam pembuluh darah terutama pembuluh darah jantung sehingga akan menurunkan tekanan darah tinggi.


Selain itu minyak zaitun juga mengandung asam lemak tak jenuh yang cukup tinggi. Jika kita mengkonsumsinya akan meningkatkan kandungan lemak baik atau HDL dalam tubuh. Dengan tingginya kadar HDL ini akan membersihkan lemak-lemak jahat dalam tubuh atau LDL yang mana lemak jahat ini jika kandungan dalam tubuh meningkat akan banyak menempel pada dinding pembuluh darah dan akan mengganggu aliran darah sehingga lama kelamaan akan meningkatkan tekanan darah dalam tubuh kita. Lah, dengan mengkonsumsi minyak zaitun ini akan mengurangi risiko terjadinya itu semua. Selain itu minyak zaitun juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Kandungan polifenol dan lemak tak jenuh dalam minyak zaitun ini memiliki efek memperlancar peredaran darah yang akan membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Konsumsi minyak zaitun ini dapat digunakan sebagai terapi komplemen atau pelengkap dalam pengobatan anti hipertensi bukan sebagai pengganti. Ingat ya teman-teman bukan pengganti tapi pelengkap. Karena hipertensi adalah penyakit kronis yang munculnya pun disebabkan oleh lifestyle dan pengobatannya pun tidak bisa instan, harus mengkonsumsi obat dalam jangka waktu lama karena jika hipertensi tidak terkontrol lama kelamaan akan menimbulkan penyakit lain yang berbahaya seperti penyakit jantung, ginjal, dan lain sebagainya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »