Langkah Mudah Memilih Bibit Dan Melakukan Pembibitan Berkualitas

Maret 14, 2019



Berfaedah.com- Bibit merupakan cikal bakal sebuah tanaman. Baik itu buah-buahan, sayuran, maupun jenis tanaman lainnya. Bagi seorang petani atau siapa saja yang memiliki usaha perkebunan, memilih bibit unggulan yang tepat adalah hal yang sangat penting. Hal ini berkaitan dengan hasil panen tanaman yang akan diperolehnya. Bibit yang tidak memiliki kualitas bagus tentu akan sangat sulit menghasilkan kualitas panen yang bagus dn melimpah. Berbeda dengan bibit unggulan yang sudah jelas masa hidupnya akan tahan lama dan hasil panennya akan berpeluang besar menguntungkan. Memilih bibit unggul saja tidak cukup untuk dilakukan oleh seorang pengusaha perkebunan atau seorang petani. Ha yang lain yang tak kalah penting harus diperhatikan dan dilakukan adalah dengan melakukan pembibitan. Pembibitan ini dilakukan untuk menciptakan kembali bibit-bibit unggul yang berkualitas nantinya.

Ciri-ciri Bibit Yang Berkualitas

Bibit tanaman yang baik akan selalu memiliki kriteria tertentu sehingga dapat dikatakan kualitasnya bagus. Nah untuk anda yang tengah mencari bibit unggul yang berkualitas maka terlebih dahulu perlu anda ketahui ciri adri bibit unggul itu seperti apa. Di bawah ini bisa anda simak beberapa ciri dari bibit yang baik :

  1. Bibit yang baik akan selalu memiliki induk tanaman yang baik pula. Hal ini bisa secara langsung anda lihat dari hasil panen induk tanaman tersebut serta bentuk fisik dari tanaman induk.
  2. Bibit yang baik selanjutnya adalah bibit yang tahan terhadap perubahan cuaca. Perubahan cuaca memang sering kali menjadi momok menyeramkan yang bisa menyerang tanaman sewaktu-waktu. Hal ini tentu akan mempengaruhi daya tahan tanaman tersebut. Nah bibit tanaman yang baik akan memiliki daya tahan cuaca yang baik pula. Sehingga masa hidupnya akan lebih bagus.  
  3. Daya tahan terhadap hama yang sangat bagus. Setiap tanaman pasti memiliki penyerang atau hama. Tidak semua tanaman tahan terhadap serangan hama. Ada yang dalam sekali serang langsung mati dan ada pula yang meskipun terserang hama tetap hidup. Nah bibit unggul yang baik akan selalu memiliki daya tahan yang bagus terhadap serangan hama.
  4. Bibit yang baik akan selalu menghasilkan tanaman yang tumbuh dengan seragam. Baik itu dari tingginya pertumbuhannya maupun dari buah atau bunga yang dihasilkannya.




Melakukan Pembibitan Yang Baik

Untuk menghasilkan kembali bibit-bibit yang berkualitas, seorang penanam harus melakukan beberapa tahap perawatan tanaman induk agar hasil bibit yang tercipta juga memiliki kualitas yang bagus. Nah langkah yang tepat dalam melakukan pembibitan bisa dilakukan dengan memberikan pupuk organic yang berkualitas pada tanaman yang ditanamnya tersebut. Selain itu, seorang penanam juga harus melakukan perawatan seperti penyinaran dan penyiraman secara teratur sesuai dengan jenis tanaman yang ditanamnya tersebut. Nah untuk cara tambahan demi menghasilkan bibit yang baik juga bisa anda lakukan dengan cara stek dan cangkok.

Pemilihan bibit yang unggul memang diperlukan ketelitian dan usaha yang maksimal. Pemilihan bibit tidak bisa dilakukan dengan cara yang asal-asalan apalagi membeli bibit dari penjual  yang belum dipercaya kualitasnya. Sebuah bibit akan sangat memperngaruhi hasil panen. Jika bibit yang dipilih asal-asalan maka jangan heran jika hasilnya justru akan merugikan anda sebagai penanam. Namun bibit unggulan akan selalu memberikan anda hasil terbaik dan anda pun bisa mendapatkan keuntungan yang banyak. Demikian informasi pemilihan bibit unggulan yang semoga berfaedah untuk anda semua. Selamat mencoba.  

Artikel Terkait

Previous
Next Post »