Prosesor AMD Tak Sebagus Intel? Simak Dulu Penjelasannya!

Februari 21, 2019
Seringkali ketika hendak membeli komputer atau laptop kita dihadapkan pada dua pilihan prosesor: Intel atau AMD. Kebanyakan dari orang awam cenderung memilih Intel yang mungkin lebih terkenal dan konon lebih kuat, meski lebih mahal. Sedangkan AMD disebut-sebut tidak sebagus Intel, karena itulah harganya murah. Tapi benarkah demikian? Mari kita bahas lebih jauh.



Prosesor AMD dulu memang terkenal lebih lambat dan jauh lebih panas dibanding prosesor Intel. Tapi itu dulu ketika mereka masih menggunakan arsitektur mikro Bulldozer dan Piledriver. Kini AMD sudah meningkat pesat dan untuk beberapa aspek AMD bahkan dirasa lebih unggul dibanding Intel.

Intel memang menguasai persaingan dan bahkan cenderung memonopoli pasar sejak dulu. Lihat saja harganya yang fantastis. Intel mungkin saja akan terus melakukannya, tetapi untungnya AMD datang dengan arsitektur mikro Zen baru dan prosesor Ryzen yang handal, dan itu mengubah peta persaingan.

Komputer dan laptop yang mengusung prosesor AMD pun kini sudah mulai mendominasi pasar, termasuk di e-commerce. Buka saja aplikasi belanja online Shopee.co.id dan di sana Anda akan melihat banyak sekali pilihannya.

Bermodalkan Ryzen generasi pertama (didasarkan pada prosesor 14nm), AMD mampu menutup kesenjangan antara kinerja inti mereka dengan Intel dan memberikan peningkatan IPC (instruksi per siklus) sampai 50% dibandingkan arsitektur mikro Bulldozer sebelumnya. Dan prosesor berbasis Zen+ mereka (14nm+) menawarkan peningkatan kecepatan yang menghasilkan sekitar 12-15% dorongan IPC, tetapi masih kurang kuat untuk mengalahkan Intel.

Ya, Intel memang masih menang dalam pertarungan IPC dan performa single threaded. Tetapi bagaimana dengan harganya? Pada prinsipnya, semua aplikasi modern yang Anda gunakan dibangun sedemikian rupa agar bisa memanfaatkan beberapa core yang tersedia.
Untuk kebutuhan konsumen, AMD memiliki penawaran serupa dengan yang dimiliki Intel. Ryzen 3 sepadan dengan Core i3, Ryzen 5 sepadan dengan Core i5, dan Ryzen 7 sepadan dengan Core i7.

Prosesor Ryzen menawarkan performa yang mirip dengan Intel dengan nyaris setengah harga! Prosesor Intel yang berkinerja 7-10% lebih baik harganya nyaris selalu dua kali lipat. Dan perbedaan ini bahkan tidak terlihat kecuali jika Anda seorang gamer hardcore yang membutuhkan spek dewa penggemar editing / rendering.

Dan hal lain yang perlu diperhatikan lagi adalah kenyataan bahwa semua prosesor Ryzen sudah unlocked, yang berarti Anda dapat mengoverclock untuk mendapatkan performa yang lebih baik. Sementara prosesor Intel yang sudah diunlock harganya jauh lebih mahal daripada yang belum. Dan heatsink / CPU fan yang ada kotak dengan prosesor Ryzen sudah cukup untuk menangani proses overclocking.

Apalagi perbedaannya? Berbeda dengan motherboard Intel (chipset Z370 / Z390), motherboard AM4 (Ryzen CPU / soket APU) lebih murah dan semuanya mendukung overclocking (kecuali chipset seri A320 yang tidak memiliki dukungan overclocking sementara semua chipset lainnya B350 / X370 / B450 / X470 sudah mendukung overclocking).

AMD bahhkan masih menyediakan lebih banyak core dan thread dalam prosesor yang tidak dikunci dengan harga yang sangat terjangkau. Yang artinya prosesor Ryzen dengan jumlah inti/thread yang lebih banyak akan mengalahkan Intel dalam hal pengoperasian multi-core dan multi-thread.


Baca juga : Aplikasi Travelling Terbaru

Sebagai contoh Intel Core i5 9600K memiliki 6 core dan 6 thread, sementara lawannya AMD Ryzen 5 2600X memiliki 6 core dan 12 thread. Ryzen 5 2600X harganya lebih murah daripada i5 9600K dan akan mengalahkannya dalam beban kerja multi-thread. Dan seperti yang kita bahas sebelumnya tentang harga motherboard, secara keseluruhan Ryzen harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan Intel yang sudah diunlock.

Lebih lanjut lagi, hanya beberapa prosesor Ryzen yang mengusung grafis terintegrasi bertenaga Vega (atau dikenal sebagai APU), sementara Intel membuat semua prosesor mereka dengan iGPU minimal. Ini merupakan salah satu kelebihan Intel.

Sebenarnya masih banyak lagi kelebihan prosesor AMD dibanding Intel beserta perbedaan harganya. Nah yang pasti Anda kini harus lebih bijak dan jeli lagi dalam memilih prosesor. Sesuaikan dengan budget karena AMD memang lebih murah dari Intel, namun kualitasnya masih bersaing.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »