Inilah 7 Jenis Desain Grafis yang Perlu Kamu Tahu

Desember 21, 2018


Di website fastwork.id, Anda akan menemukan berbagai jenis layanan mengenai desain grafis. Namun sebelum itu, ternyata ada 8 jenis design graphic yang berbeda untuk setiap kebutuhan. Desain grafis menggunakan komposisi visual untuk memecahkan masalah dan mengkomunikasikan ide melalui tipografi, citra, warna dan bentuk. Apakah itu membuat logo, cover buku, atau menciptakan tampilan visual digital yang menarik. Tidak ada satu cara untuk melakukan itu kecuali Anda memiliki keahlian dibidang ini, selain menggunakan jasa seorang graphic designer. 

Menggunakan jasa seorang graphic designer tentu akan mempermudah Anda melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan design graphic. Nah, inilah 8 jenis graphic designer yang masing-masing memiliki area spesialisasi berbeda.

1. Desain Grafis di Bidang Identitas Visual

Sebuah merek mewakili hubungan antara bisnis dengan konsumen. Seperti logo, tipografi, palet warna dan pustaka gambar, kartu nama, booklet perusahaan, merupakan produk-produknya.

2. Desain Grafis di Bidang Periklanan

Desain produk untuk pemasaran dan periklanan adalah bidang yang sangat populer. Hal ini memanfaatkan kecenderungan orang yang selalu tertarik pada konten visual. Berikut ini adalah contoh desain grafis di bidang pemasaran dan periklanan:
        Kartu pos dan selebaran
        Iklan majalah dan surat kabar
        Poster, spanduk, dan papan reklame
        Infografis
        Brosur (cetak dan digital)
        Template pemasaran email
        Presentasi PowerPoint
        Iklan media sosial, spanduk dan grafik
        Iklan spanduk
        Gambar untuk situs web dan blog

3. Desain Grafis di Bidang IT

Bidang-bidang yang membutuhkan desain ini antara lain aplikasi desktop, aplikasi seluler, aplikasi web, dan game. Didukung pula oleh keterampilan dan pemahaman yang sangat baik terhadap bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, dan JavaScript.

4. Desain Grafis di Bidang Publikasi

Publikasi mencakup media cetak seperti buku, koran, majalah, dan katalog. Namun, baru-baru ini ada peningkatan signifikan dalam penerbitan digital (e-book).

5. Desain Grafis untuk Kemasan

Sebagian besar produk memerlukan beberapa bentuk kemasan untuk melindungi dan menyiapkannya untuk penyimpanan, distribusi, dan penjualan. Membutuhkan spesialisasi dalam jenis kemasan tertentu, bentuk, serta bahan kemasan yang digunakan. Agar hasilnya tetap kuat, aman, namun tetap mengemukakan estetika dan menarik pembeli.

6. Desain Grafis yang Bergerak

Ini mencakup animasi, audio, tipografi, citra, video, dan efek lain yang digunakan dalam media online, televisi, dan film. Popularitas media online telah meroket dalam beberapa tahun terakhir seiring meningkatnya teknologi dan konten video. Contoh pemanfaatan desain grafis bergerak adalah dalam iklan, logo animasi, presentasi, video promosi, video tutorial, situs web, aplikasi, video game, dan GIF.

7. Desain Grafis di Bidang Seni dan Ilustrasi

Seni grafis dan ilustrasi sering dilihat sama dengan desain grafis padahal sangat berbeda. Graphic Designer menciptakan komposisi untuk berkomunikasi dan memecahkan masalah, sementara seniman grafis dan ilustrator membuat karya seni asli. Contoh penggunaan seni dan ilustrasi untuk desain grafis adalah pada desain kaos oblong, pola grafis untuk tekstil, Ilustrasi Novel, Video game, Situs web, komik, Sampul buku dan sebagainya.

Ketika Anda mencari jasa layanan untuk pekerjaan desain, mengetahui 7 jenis design graphic akan membantu mengidentifikasi jenis yang dibutuhkan. Cukup kunjungi  https://fastwork.id/design-graphic untuk menemukan skill desainer profesional dengan murah harga terbaik. Tersedia jasa layanan desain logo, situs website, banner iklan olshop, infografis, presentasi, edit gambar foto photoshop, gambar skema CAD, 3D perspektif, kaos, motif pakaian, label, kemasan, kartu nama, menu, dan spanduk.  Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait

Previous
Next Post »