3 Cara Mengajarkan Anak Membaca Dengan Cara yang Menyenangkan

Desember 30, 2018

Cara mengajari anak membaca

Setiap anak mempunyai kemampuan dan tahap belajar yang berbeda-beda antara satu dan lainnya. Ada anak di usia 4 tahun sudah bisa membaca, ada yang 6 tahun bahkan ada anak yang baru bisa membaca ketika sudah di SD. Cara mengajarkan anak membaca juga bermacam-macam, selain di sekolah dapat pula mengajarkannya di rumah. Pada tingkat TK biasanya telah mulai diperkenalkan aktivitas membaca dan menulis pada anak.

Cara mengajarkan anak membaca dapat dilakukan orang tua dengan cara-cara menyenangkan di rumah. Kegiatan ini dapat menumbuhkan minat baca anak karena bisa mengembangkan kemampuan bahasanya. Tidak perlu menyediakan waktu secara khusus untuk belajar membaca. Yaitu dengan membiasakan membaca dalam aktivitas sehari-hari dan dalam berbagai kesempatan. Diantaranya meminta ia mengeja kata dan huruf yang ada pada kemasan makanan, seperti nama produk, komposisi, dan instruksi memakan produk tersebut.

Kemudian ketika sedang bepergian anak diminta untuk mengamati dan membaca tulisan yang ada di papan iklan, papan nama toko, kantor, arena bermain dan lain sebagainya. Cara mengajarkan anak membaca bisa juga dengan mendekatkan buku padanya. Misalnya di sela waktu bermainnya dan ketika akan tidur orang tua membacakan buku untuknya. Selain itu dapat meletakkan buku di beberapa tempat di dalam rumah seperti di kamar tidur, ruang keluarga, di almari televisi, sehingga anak akan dekat dengan bukit secara otomatis.

Membiasakan anak untuk selalu membawa buku saat bepergian juga bisa diterapkan. Karena dengan begitu ia dapat membaca buku saat singgah di restoran, saat di mobil, dan tempat lainnya. Buku-buku yang dibaca anak haruslah sesuai dengan usianya. Cara lain bisa juga dengan membuatkan komik sederhana untuk si kecil, dan anak dapat melihat prosesnya secara langsung. Sehingga menumbuhkan ketertarikannya pada membaca, menulis dan menggambar.

Hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan bermain scrabble yaitu permainan menyusun kata. Permainan ini dapat dimanfaatkan untuk melatih kemampuan linguistik pada anak dan mampu membantu dan meningkatkan kepandaian si kecil dengan cara yang menyenangkan. Anak yang mempunyai kemampuan bahasa yang menonjol biasanya akan senang membaca bahkan juga menuding dan mendengarkan cerita. Orang tua bisa memberikan stimulasi yang tepat untuk mengembangkan kepintarannya.

Sebagai orang tua kita tidak boleh hanya mengandalkan aktivitas belajar di sekolah saja untuk mendorong kemampuan anak dalam membaca. Ketika berada di rumah orang tua hendaknya mengajari membaca agar materi yang disampaikan di sekolah dapat terserap dengan baik. Cara mengajarkan anak membaca tentunya harus dengan penuh kesabaran dan menyenangkan.selain yg sudah dipaparkan diatas ada cara lain yang bisa diterapkan diantaranya.

Membaca sambil bernyanyi
Cara ini mudah dilakukan dan bisa sering diterapkan menggunakan metode ini. Orang tua mengajarkan si kecil membaca huruf abjad dari A sampai Z dengan cara dinyanyikan. Ini cukup efektif karena anak mudah mengingatnya.

Menggunakan karpet huruf
Biasanya karpet digunakan untuk alas bermain anak, bisa dijadikan sebagai sumber belajar. Dengan membeli karpet bergambar yang menggambarkan huruf dan angka. Pilihlah warna karpet yang menarik dan membuat anak tertarik untuk membacanya. Metode ini cukup efektif karena anak belajar sembari bermain.

Perhatikan Mood Anak
Orang tua harus paham mood pada anaknya, ketika anak sedang marah, lapar, lelah dan mengantuk janganlah diajak belajar. Karena anak tidak akan menurutinya, beda ketika mood anak dalam keadaan bagus. Metode ini hendaknya diterapkan karena cara mengajarkan anak membaca menyenangkan bergantung pada mood dan kondisi anak.

Demikian beberapa cara mengajarkan anak membaca yang bisa diterapkan orang tua di rumah dengan cara yang menyenangkan.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »